##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Nur Ayni M Pasaribu

Abstract

Mastery of sociolinguistic concepts gives a negative contribution to the achievement of students' pragmatic skills. In accordance with the results of the analysis above, it can be concluded that the mastery of sociolinguistic concepts is not a criterion variable that makes a significant contribution to improving pragmatic skills. Thus, the research hypothesis which says that mastery of sociolinguistic concepts makes a significant contribution to the development of pragmatic skills of Free Methodist 1 Private Junior High School students, is not proven.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
Pasaribu, N. A. M. (2022). Contribution of Mastery of Sociolinguistic Concepts to Pragmatic Skills by Students of Free Mathodist 1 Private Junior High School Medan 2012/2013 Academic Year. International Journal of Basic and Applied Science, 10(4), 145–153. https://doi.org/10.35335/ijobas.v10i4.70
References
[1] D. Y. Ni Ketut, “BUKU: Stilistika Teks Srimad Bhagavatam Perspektif Penerjemahan.” PUSAT PENERBITAN LP2MPP INSTITUT SENI INDONESIA DENPASAR, 2021.
[2] M. Ritonga, A. Nazir, and S. Wahyuni, Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Dialektika Revolusi Industri 4.0. Deepublish, 2020.
[3] I. Esti, Telaah Kurikulum dan pengembangan bahan ajar. Ombak, 2020.
[4] B. Nurgiantoro, Penilaian otentik dalam pembelajaran bahasa. UGM PRESS, 2018.
[5] I. Prawati, “Peningkatan kualitas pembelajaran menyimak dengan pendekatan quantum learning siswa kelas IV SD Negeri 02 Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010,” 2010.
[6] Y. Abidin, T. Mulyati, and H. Yunansah, Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara, 2021.
[7] V. Mawarni and Y. Yuliwati, “Struktur Analisis Sintesis dalam Contextual Teaching pada Pembelajaran Bahasa Inggris di SDN Cibubur 10 Jakarta Timur,” KREDO J. Ilm. Bhs. dan Sastra, vol. 3, no. 1, pp. 1–16, 2019.
[8] W. Warni, “Penerapan Pendekatan Pragmatik Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di MI Alkhairaat Lere.” IAIN Palu, 2018.
[9] A. T. Wastono, “Aspek Interkultural dalam Pengajaran Bahasa Arab. Sebagai Bahasa Asing di Indonesia,” in Seminar Nasional Pengajaran Bahasa, 2017, pp. 1–14.
[10] A. Nurwati, “Penilaian Ranah Psikomotorik Siswa Dalam Pelajaran Bahasa,” Edukasia J. Penelit. Pendidik. Islam, vol. 9, no. 2, 2014.
[11] S. Dwi Monica, “STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III DI SD NEGERI 89 KOTA BENGKULU.” IAIN BENGKULU, 2019.
[12] H. Huriyah, “BAHASA DAN GENDER DALAM KERAGAMAN PEMAHAMAN.” EDUVISION, 2017.
[13] M. P. Nursalim, E. Risnawati, and Z. Mubarok, “Penulisan Kreatif,” 2020.
[14] L. Putri, “PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III MIN 11 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016.” UIN Raden Intan Lampung, 2017.
[15] S. P. Sembiring, “Upaya Sekolah dalam Menanamkan Spiritual Ibadah dan Akhlak Siswa Kelas VIII di Sekolah SMPS IT AL-Hijrah Laut Dendang.” Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2018.
[16] M. Z. Hanafi, Implementasi Metode Sentra Dalam Pengembangan Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini. Deepublish, 2019.
[17] A. P. Rahayu, “Menumbuhkan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam pendidikan dan pengajaran,” J. Paradig., vol. 2, no. 1, pp. 1–15, 2015.
[18] R. Sibarani, “Pendekatan antropolinguistik terhadap kajian tradisi lisan,” RETORIKA J. Ilmu Bhs., vol. 1, no. 1, pp. 1–17, 2015.
[19] H. Mahmud, “Upaya Meningkatakan Keterampilan Menulis Dengan Teknik RCG (Reka Cerita Gambar) Pada Siswa Kelas VI SDN Rengkak Kecamatan Kopang, Kabupaten. Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018,” JISIP (Jurnal Ilmu Sos. dan Pendidikan), vol. 1, no. 2, 2019.
[20] M. Suardi, Belajar & pembelajaran. Deepublish, 2018.
[21] J. Alfin, “Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia.” LKiS, 2018.
[22] I. Asrori, “Pembelajaran kemahiran lisan bahasa Arab,” Pros. Konf. Nas. Bhs. Arab, vol. 4, no. 4, pp. 166–175, 2018.
[23] B. Nurgiantoro, Stilistika. UGM PRESS, 2018.
[24] E. Setiawati and H. D. Arista, Piranti Pemahaman Komunikasi dalam Wacana Interaksional: Kajian Pragmatik. Universitas Brawijaya Press, 2018.
[25] S. Suwandi, “Peran Bahasa Indonesia dalam Pengembangan Budaya Literasi untuk Mewujudkan bangsa yang Unggul dalam Konteks Masyarakat Ekonomi ASEAN,” in Seminar Nasional dengan tema “Peran Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)” yang diselenggarakan STKIP Siliwangi Bandung, 2015, vol. 25.